MAN PESANGGARAN TOUR DE JOGJA 2013


Banyuwangi Jatim (MAN Pesanggaran).  Pukul 15.30 dari Kampus MAN Pesanggaran 5 Bus yang berisi
252 siswa kelas sebelas meluncur ke kota gudeg Yogyakarta. 16 jam lebih perjalanan menuju kota pelajar membawa impian tuk menatap masadepan tak menyurutkan semangat mereka, meskipun ada beberapa siswa yang mengalami mabuk perjalanan dan mendapatkan perawatan khusus.
Kunjungan pertama di Fakultas Pertaanian kampus UGM Yogyakarta mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak fakultas, bahkan setelah acara seremonial dan penjelasan singkat tentang Kampus Universitas Gajam Mada ini seluruh rombongan secara berkelompok dibawa mengunjungi laboratorium  ilmu tana, mikrobiologi, perikanan dan lain-lain. Tampak para siswa semakin mantap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi setelah mereka dipuaskan berkeliling dalam kampus dan mengunjungi seluruh laboratorium yang ada di Fakultas pertanian.
Kunjungan Kedua, setelah puas berkeliling di kampus paling tua di Indonesia UGM Yogyakarta, rombongan STUDI TOUR 2013 MAN pesanggaran ini meluncur ke pasar tradisional yang terkenal seantero dunia Malioboro, disini siswa banyak belajar bagaimana proses transaksi jual beli dan sekaligus berbelanja oleh-oleh khas Jogjakarta.
Kunjungan ketiga, setelah semalaman tidur di Hotel pikiran dan fisik menjadi fres dan segar, rombongan STUDI TOUR 2013 MAN pesanggaran ini meluncur ke pusat kerajinan gerabah di Kasongan, ditempat ini siswa mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan tentang gerabah mulai dari proses pembuatan sampai pemasarannya. Siswa langsung melihat dan di ajari secara langsung oleh pengrajin yang ada di kasongan.
Kunjungan keempat, setelah puas belajar di dua tempat siswa MAN Pesanggaran peserta studi tour ini mendapat kesempatan untuk masuk obyek wisata Kraton Yogyakarta yang merupakan central dari kota ini. Banyak hal yang dipelajari dari tempat ini, mulai dari sejarah perkembangan kota yogjakarta, tradisi dan sejarang bangsa Indonesia. Dengan di pandu oleh abdi dalem kraton rombongan peserta studi tour ini di bawa berkeliling untuk melihat isi kraton dan sisi lain (museum) dari kraton yogjakarta.
Kunjungan kelima, ditempat ini siswa benar-benar merasakan wisata, perjalanan ber jam-jam terpuaskan setelah memasuki pelataran candi Borobudur. Selama hampir dua setengan jam rombongan Pesanggaran menikmati kemegahan candi yang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia ini. Pelajaran sejarah dari perkembagan Indonesia memberikan gambaran tentang budaya masyarakat pada saat itu bisa dilihat dari candi yang telah dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu.
Belum puas belajar dan berwisata di kota Yogyakarta sebelum bus meluncur ke Banyuwangi menyempatkan mampir ke pusat oleh-oleh yang ada di Yogyakarta. Tepat pukul 12.30 bus yang mengangkut siswa kelas XI yang terdiri dari jurusan (ilmu ALam, Ilmu Sosial, dan Agama) akhirnya sampai di KAMPUS MAN Pesanggaran. Beragam kesan yang sampaikan siswa tentang pelaksanaan Studi Tour Kali ini. Kebanyakan menyampaikan puas, bahkan beberapa siswa ada yang nyeletuk kalau tiap satu bulan sekali studi tour pasti akan menyenangkan. Yogyakarta memberikan inspirasi…… kami akan kembali lagi. Insyaallah. (San)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Saran/Kritik disini Untuk Kelengkapan dan Kebaikan Blog Ini