PEKAN PERTAMA : MOS SYARI’AH 2013




Banyuwangi MAN Pesanggaran. Memasuki Pekan Pertama tahun ajaran baru 2013-2014, gelaran Masa Orientasi Siswa Baru (MOS) dilaksanakan dalam 3 hari. Kegiatan yang sebelumnya diawali dengan PRAMOS yang dilaksanakan rabu 10 juli menandakan kegiatan siswa baru kelas sepuluh (X) siap dimulai. Berbagai persiapan dan berlengkapan disampaikan dalam kegiatan ini. Kegiatan rutin tahunan yang di motori para pengurus OSIS ini mencoba memberikan nuansa berbeda dalam kegiatan mos yang bertepatan dilaksanakan pada bulan ramadhan.

“Tampa mengurangi makna puasa di bulan ramadhan, kegiatan MOS ini akan memberikan nuansa dan citra yang berbeda” ujar Susanto, S.Pd selaku ketua panitia. Kegiatan yang diisi dengan pengenalan sekolah (materi Wawasan Wiyata Mandala) bertujuan memberikan informasi yang berharga kepada siswa baru untuk lebih mengenal dan beradaptasi menjadi bagian madrasah. Materi tata krama yang disampaikan Drs. Purwanto pun  memberikan makna yang mendalam, bagaimana seharusnya etika bertatakrama siswa terhadap  lingkungan keluarga, lingkungan sekolah  dan lingkungan masyarakat. Tak kalah menariknya materi Teori dan motivasi belajar yang disampaikan Drs. Moh. Syamsudin menjadikan modal dan bekal bagi siswa untuk memasuki lingkungan belajar yang baru. Dalam MOS ini juga sengaja mengajak guru BP/BK untuk mengenalkan peran dan fungsi BP/BK dengan harapan kesan angker ruang BP/BK tempat siswa bermasalah akan terkikis dan hilang selanjutnya memamahami perang fungsi BP/BK sebagai tempat Konselor. Sebagai pelengkap kegiatan yang berlangsung tiga hari ini, kegiatan Game dan OutBond menjadi sangat menarik ketika seluruh peserta dapat berinteraksi dan bergembira dengan kakak tingkatnya (pengurus OSIS).
Pada kegiatan MOS yang dilaksanakan di Kampus MAN Pesanggaran ini Kapolsek Siliragung Bapak BAKIN juga ikut ambil bagian mengisi materi NARKOBA dan Perilaku Menyimpang di Masyarakat. Antusiasme peserta mos tampak sekali ketika mulai dari awal dan akhir KAPOLSEK memberikan Penjelasan. (san/chimi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Saran/Kritik disini Untuk Kelengkapan dan Kebaikan Blog Ini